Halaman

Rabu, 08 Juni 2016

Apa itu Big Data?

Big Data ?

Akhir-akhir ini sering kita mendengar tentang Big Data. Jadi apa itu Big Data? apa saja manfaat dari Big data? berikut ulasan tentang Big Data.

Big Data adalah data dengan ciri berukuran yang sangat besar, sangat variatif, dan sangat cepat pertumbuhannya.
Karena Big Data sendiri tidak terstruktur maka perlu diolah khusus dengan teknologi inovatid sehingga mendapatkan informasi yang mendalam dan dapat membantu pengambilan keputusan yang lebih baik. Pengolahan dan analisis data dalam jumlah sangat besar ini memerlukan waktu yang relatif lebih singkat dengan menggunakan Big Data dibanding teknologi data sebelumnya, misalnya database relational seperti MySQL. Dengan adanya Big Data terciptalah sebuah teknologi yang bernama Teknologi Data, yang akan menyaingi Teknologi Informasi di masa yang akan datang.


Ciri-ciri data yang ditangani oleh Big Data :

  1. Jumlahnya sangat besar (Volume). Biasanya ukuran total data dalam terabytes keatas.
  2. Pertumbuhan data sangat cepat (Velocity) sehingga data bertambah dalam jumlah yang sangat banyak dalam kurun waktu relatif singkat.
  3. Bentuk atau format datanya beraneka ragam (Variety). Format disini bisa berupa file text biasa, File Word, Excel, video, dan lain sebagainya.

Manfaat dari Big Data antara lain memberikan gambaran yang lebih lengkap dari sebelumnya karena biasanya data yang dianalisis adalah data terstruktur misalnya data relasional database.

Sayangnya di Indonesia, berddasarkan survey beberapa perusahaann besar, penggunaan Big Data masih belum optimal. Teknologi ini masih dianggap asing dan masih belum dianggap akan memberikan hasil yang menguntungkan. Semoga negeri kita tercinta ini lebih maju menggunakan teknologi yang terbaru, jangan sampai ketinggalan oleh negara-negara lain. Oke.. Sekian dulu untuk ulasan Big Data. Semoga bermanfaat, see you next time..

1 komentar: