Halaman

Rabu, 01 Juni 2016

Ini Dia Yang Mendirikan Valve Corporation

Sering kita bermain game yang pada saat starting game ada logo Valve. Valve sendiri adalah sebuah perusahaan pengembang dan pernebit sebuah aplikasi yang dimana aplikasi tersebut merupakan sebuah game. Banyak orang yang suka bahkan fanatik dari game-game valve. Game-game dari valve sendri ada bermacam-macam mulai dari Half-Life yang dirilis pada bulan November tahun 1998, lalu diikuti game Counter-strike, Left 4 Dead series, Portal, Team Fortress, hingga yang sedang buming sekarang Dota 2, dan software distributor game yang populer STEAM. Tetapi apakah kalian tau siapa tokoh dibalik Valve?


Ini dia orangnya, pendiri dari Valve Corporation adalah Gabe Newell dan Mike Harrington, yang berkantor pusat di Bellevue, Washington, USA. Valve didirikan pada tahun 1996 di Kirkland, Washington. Nama asli dari Gabe Newell adalah Gabe Logan Newell dan panggilan yang sering digunakan oleh gamer kepada Gabe adalah "Gaben". Mas Gaben adalah Co-Founder dari Valve Corporation. Mas Gaben lahir tanggal 3 Novembr 1962, ia pernah masuk di Harvard University pada tahun 1980 dan akhirnya di drop out ditahun 1983. Setelah di drop out ia menikah dengan Lisa Mennet Newell. Mas Gaben juga pernah bekerja di Microsoft selama 13 tahun untuk membuat 3 versi windows pertama. Setelah keluar dari Microsoft mas Gaben mendirikan Valve L.L.C pada tahun 1996. Lalu ia membuat game pertamanya Half-life dengan Mike Harrington.

Setelah kita kenalan sama mas Gaben, sekarang kita kenalan dengan Mike Harrington. Mike Harrington adalah Co-founder dari Valve Corporation. Sebelumnya ia menjadi pengembang game di Dynamix dan pengembang pada sistem operasi Windows NT. Sama seperti mas Gaben, setelah ia keluar dari Microsoft ia bekerja sama dengan mas Gaben untuk mendirikan Valve Corporation. Half-Life, game pertama mereka menjadi fenomena industri game. Half-Life memenangkan lebih dari 50 Game Of The Year yang diringkas menjadi "Best PC Game of All Time" oleh PC Magazine Gamer. Pada tanggal 15 Januari 2000, mas Harrington meninggalkan Valve untuk mengambil liburan panjang dengan istrinya, Monica. Lalu ia kembali ke industri perangkat lunak pada tahun 2006, ia mendirikan perusahaan bernama "Picnik" dengan teman lamanya. Picnik diakuisisi oleh Google raksasa teknologi dunia pada tahun 2010. Harrington pun bekerja dengan Google, tetapi tidak bertahan lama, di tahun 2011 ia meninggalkan Google. Lalu ia ikut mendirika sebuah perusahaan perangkat lunak yang di sebut "Catnip Labs".





Valve juga mengadakan kejuaraan-kejuaraan internasional dibidang E-Sport. Yang hadiahnya mencapai jutaan dollar amerika. Valve sekarang merupakan raksasa industri game, berkat software STEAM nya. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa follow dan komenna yaa. See you next time.. :)

3 komentar: