Halaman

Rabu, 01 Juni 2016

Kenalan Sama Virtual Machine Yuk

Virtual Machine atau mesin virtual mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, entah baru kemarin mendengarnya atau sudah tahun lalu. Faktanya banyak orang atau pelajar-pelajar berlatar belakang IT yang belum mengetahui tentang Virtual Machine ini. Untungnya saya sudah mengenal sedikit tentang virtual machine. Jadi saya ingin memberi pengetauan saya tentang virtual machine ini.


Virtual Machine atau VM adalah sebuah duplikat yang terisolasi dari suatu mesin atau OS (Operating System). Virtual Machine merupakan software digunakan untuk mensimulasikan lingkungan kerja suatu perangkat komputer secara virtual. Jadi singkatnya Virtual machine ini jika anda menginstallnya di system operasi anda, maka anda memiliki komputer di dalam komputer. Nah komputer di dalam komputer tersebut itulah yang namanya Virtual Machine. Virtual machine akan membuat kumpulan perangkat virtual mulai dari BIOS, Hardisk, memory, dan lain sebagainya sehingga anda bisa menjalankan berbagai macam sistem operasi dengan hanya menggunakan satu komputer saja.

Di dalam Virtual machine ada dua istilah yaitu Host OS dan Guest OS. Host OS adalah sistem operasi dimana virtual machine diinstall, sedangkan Guest OS adalah sistem operasi yang diinstall pada virtual machine. Virtual machine juga sering dimanfaatkan untuk uji coba OS, jadi anda terhindar dari kesalahan-kesalahan fatal.

Software - Software Virtual Machine


  • VMware
  • Virtual Box
Software-software tersebut paling banyak digunakan pada saat ini, karena kemudahan dan fasilitas dari software yang memudahkan user untuk membuat Virtual Machine.


Fungsi-fungsi Virtual Machine


Coba-coba sistem operasi

Dikalangan IT kita pasti penasaran dengan berbagai macam sistem operasi. Tidak mungkin anda menginstall sistem operasi secara terus menerus demi untuk mencoba sistem operasi. Jadi Virtual machine ini lah solusinya untuk coba-coba install sistem operasi.


Uji coba software atau aplikasi

Untuk terhindar dari kerusakan sistem operasi, banyak dikalangan developer mencoba aplikasi buatannya tersebut di dalam virtual machine. Jadi jika ada kerusakan, kerusakan itu mudah teratasi.


Membuat dan uji coba virus

Jelas virus membuat komputer kita lelet bahkan rusak parah. Jadi untuk menguji coba virus yang bisa dibilang ganas maka mengujinya menggunakan Virtual machine agar tidak merusak komputer atau laptop pribadi anda. Sayangkan rasanya jika komputer atau laptop kesayangan anda rusak karena hanya menguji coba virus.

Jadi Virtual machine ini memudahkan kita untuk menghemat resource atau sumber yang ada. Sehingga hemat dari segi komponen sampai segi finansial. Semoga artikel tentang Virtual Machine ini bermanfaat. Nantikan artikel-artikel lainnya, see you next time.. :)

3 komentar: