Halaman

Minggu, 29 Mei 2016

5 Bahasa Pemrograman Yang Mudah Dipelajari

Bahasa pemrograman merupakan bahasa yang didesain untuk mempermudah orang dalam membuat software. Sebelum adanya bahasa pemrograman, dulu membuat software sangatlah sulit. Sehingga dibuat lah bahasa pemrograman tersebut. Kali ini saya akan sharing tantang 5 bahasa pemrograman yang mudah dipelajari. 5 bahasa pemrograman ini mudah dipelajari dan mudah untuk dimengerti. Mungkin kalian yang membaca postingan saya ini akan tertarik untuk mencoba salah satu bahasa pemrograman ini. langsung saja, berikut listnya :



1. PYTHON

Python merupakan bahasa kelas atas yang berfokus pada tingkat keterbacaannya kode. Python menggabungkan kapabilitas, kemampuan, dengan sintaksis kode yang sangat jelas, dan dilengkapi fungsionalitas pustaka yang besar. Sejarahnya python dikembangkan oleh mas Guido van Rossum pada tahun 1990 di CWI, Amsterdam. Python merupakan bahasa lanjutan dari bahasa pemrograman ABC. Saat ini pemrogaman python sudah mencapai versi 3.0, untuk selengkapnya bisa dilihat di website resminya (https://www.python.org). "Mas.. kok namanya python? kaya ular gitu??" iya.. nama pythin dipilih oleh mas Guido sebagai nama bahasa ciptaanya karena kecintaan mas Guido pada acara televisi "Monty Python's Flying Circus". Untuk gaji seorang programer python sendiri sangat besar, sekitar puluhan juta rupiah perbulannya. Intinnya semakin tinggi skill seseorang maka semakin besar juga pendapatan yang ia terima.

2. HTML

HTML merupakan kepanjangan dari HyperText Markup Language. HTML merupakann bahasa markah yang digunakan peramban untuk menafsirkan dan menulis text dan pastinya untuk membuat website. HTML ini sangat mudah dipelajari dan memiliki komunitas yang besar di Indonesia dan di dunia. HTML saat ini merupakan standart internet yang dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium yang disingkat W3C. Sejarahnya HTML pertama kali dipublikasikan pada tahun 1991 oleh Tim Berners-Lee. Saat ini versi HTML sendiri sudah mencapai HTML 5. Untuk belajar HTML, banya situs yang menyediakan pembelaajaran yang interaktif contoh : Codecademy.

3. JAVASCRIPT

JavaScript atau sering disingkat JS adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dinamis. JavaScript populer di internet dan dapat bekerja di sebagian pasar penjelajahan web atau Browser. Sejarahnya javascript dikembangkan oleh Brendan Eich. JavaScript sendiri ada kaitannya dengan HTML. JavaScript memungkinkan kalian untuk membuat website yang interaktif. JavaScript sendri sangat mudah dipelajari dan sangat banyak komunitas di Indonesia dan di dunia. website yang bisa kalian kunjungi untuk belajar javascript adalah CodeSaya.

4. RUBY

Ruby adalah bahasa pemrograman dinamis berbasis skrip yang berorientasi objek. Ruby menggabungkan kelebihann dari semua bahasa-bahasa pemrograman yang ada di dunia. Ruby dibuat oleh seorang programer dari jepang bernama Yukihiro Matsumoto pada tahun 1993. Kelebihan ruby adalah sintaks sederhana, memiliki exception handling yang baik, berorientasi objek, open source dan masih banyak lagi. Ruby banyak di butuhkan oleh perusahaan besar. Situs untuk belajar bahasa ruby adalah Codecademy.

5. C++

C++ adalah bahasa berorientasi obyek dan salah satu bahasa tertua dan terpopuler di zamannya. Sekarang C++ masih sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar, sehingga bahasa C++ sendiri masih sangat populer. C++ dibuat oleh Bjarne Stroustrup pada tahun 1970 dan merupakan penembangan dari bahasa C. C++ merupakan bahaasa tingkat rendah. Sebenarnya bahasa C++ ini mudah di pelajar, akan tetapi karena banyak penggunaan simbol-simbol, bahasa ini terbilang baahasa yang lumayan sulit. "Lalu kenapa dikategorikan sebagai bahasa pemrograman termudah?" iya.. karena bahasa ini merupakan "bapak dari bahasa pemrograman". mengapa demikian? karena dari C++ banyak bahasa pemrograman yang lahir, contohnnya Python, Java, dan lain-lain.

*baca juga Ide Bisnis Untuk Mahasiswa
Intinya jika kita ingin menguasai bahasa pemrograman, kita harus fokus dan terus belajar,  karena perkembangan teknologi pada saat ini sangatlah tinggi. kuasai dulu satu bahasa dan mulailah memmbuat proyek-poyek kecil untuk meningkatkan skill kita. Dan jangan lupa pahamilah konsep-konsep bahasa pemrograman, karena semua bahasa pemrograman konsepnya sama, yang berbeda adalah standart penulisannya saja. oke.. sekian dulu dari saya, nantikan artikel-artikel selanjutnya.. see you next time.. :)

11 komentar:

  1. wah artikel yang bermanfaat, jadi tau soal HTML

    BalasHapus
  2. Waah kayaknya yang ane tahu cuma HTML saja itupun belum dikuasai..

    BalasHapus
  3. Saya baru bljr c++ hehe. Bermanfaat nih artikel

    BalasHapus
  4. yang pernah ane denger cuma html sama javascript doang, selebihnya baru ane tau pas baca artikel ini.

    BalasHapus
  5. Keren nih kapan2 nyobain mainan python ah:3

    BalasHapus
  6. lah gue cmn tau vb aja ..
    ternyata masih banyak yang harus di pelajari

    BalasHapus
  7. C++ menurut ane susah gan..

    BalasHapus
  8. yang paling mudah mah html css dan php, vb juga mudah.

    BalasHapus