Halaman

Minggu, 29 Mei 2016

5 Ide Bisnis Yang Bisa Dilakukan Mahasiswa

Berbisnis merupakan suatu kegiatan aktif yang bertujuan untuk mendapatkan penghasilan dan memiliki sebuah produk. Produk untuk bisnis bisa beragam mulai dari pakaian, makanan, minuman, dan lain sebagainya. Terkadang banyak mahasiswa yang ingin berpenghasilan sendiri, mereka ingin mencoba membuat bisnis yang bisa dikelola, tetapi tidak mengganggu aktifitas perkuliahan mereka. berikut ide bisnis yang bisa digunakan oleh mahasiswa dan umum tentunya :




1. ONLINE SHOP

Saat ini online shop suda menjamur di Indonesia. Online shop juga sangat memungkinkan penjual untuk berjualan ke seluruh penjuru di Indonesia dan di dunia. Contoh online shop di Indonesia yang sudah terpercaya adalah Lazada, Tokopedia, Kaskus, OLX, Bukalapak, dan masih banyak lagi. Dan contoh online shop yang ada di dunia adalah Amazon, Ebay, Walmart, dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya situs yang berbasis online shop maka tentu peluang bisnis di dunia online shop sangatlah besar. Contoh kita hendak menjual baju, karena kita mahasiswa tidak memiliki dana untuk menyewa tempat apalagi ruko untuk menjual baju kita, maka bisa melalui online shop tersebut. Dan waktu bejualan juga sangat fleksibel karena dengan mobile phone kita bisa berjualan di mana saja dan kapan saja.

2. JASA FOTO

Untuk mahasiswa yang memiliki kamera, entah itu kamera DSLR, kamera HP, atau sebagainya kalian bisa membuat bisnis jasa foto, setidaknya kalian wajib memiliki skill fotografi yang bagus sehingga klien akan merasa puas. Jasa foto ini bisa dilakukan di tempat-tempat wisata. Contoh yang ada di kota jogja ada di jalan Malioboro. Di sana memungkinkan kalian untuk membuka jasa foto, tidak usah memakai studio foto, cukup hanya sebilah papan jika punya atau kertas yang memungkinkan untuk kalian jadikan sebagai media yang bertuliskan "Jasa fotografi murah". Dengan adanya kata "murah" pasti banyak orang yang ingin di foto oleh anda, dan anda tentunya memiliki tarif tersendiri. Bisnis ini bisa dilakukan ketika kita tidak ada kegiatan kampus, entah itu libur atau tidak ada jam kuliah.

3. JASA GAMBAR

Jasa ini untuk mahasiswa yang memiliki skill menggambar yang baik. karena jika belum memiliki skill yang baik, bisa-bisa bisnis ini percuma dijalani karena ketidakpuasan pelanggan. Dengan memiliki skill menggambar yang baik, anda bisa membuat gambar-gambar untuk dipajang saat membuka lapak, agar orang-oang tertarik untuk membeli karya atau memesan permintaan dari klien. Jasa gambar disini meliputi gambar orang secara realistis, lalu gambar pemandangan, dan apasaja yang bisa digambar oleh si seniman.

4. BISNIS SERVIS LAPTOP

Ini juga untuk mahasiswa yang memiliki skill dalam "mengoprek" sebuah komputer. Banyak orang saat ini yang hanya bisa menggunakan komputer atau laptop tetapi tidak bisa memperbaikinya. Ini adalah kesempata buat kalian yang memiliki skill komputer untuk mendapatkan uang. Kalian hanya membuat kartu nama, lalu kalian sebarkan kartu nama kalian yang pastinya untuk mempromosikan bisnis anda kepada masyarakat. Bisa juga melalui sosial media  yang saat ini hampir setiap orang menggunakan sosial media. Dan selalu utamakan pelaayanan, jadi jika kalian memiliki klien maka kalian wajib untuk membuat klien itu senang kalian layani. sehingga klien tersebut akan mempercayakan kepada anda untuk urusan memperbaiki komputer atau laptopnya.

5. PENULIS BLOG

Sekarang pasti banyak sekali blog-blog yang sudah menghasilkan uang. Dan mereka yang berpenghasilan dari blog itu adalah dari kalangan pelajar, mahasiswa, hinga pegawai. Blog juga membuat kalian mengasah skill menulis dengan baik dan kreatif. "Apakah penghasilan di blog itu besar? kan cuman nulis doang." iya.. memang hanya menulis, tetapi jika pengunjug dari blog kalian banyak, kalian bisa mendaftarkan blog kalian ke Google Adssense. Google adsense menawarkan kalian untuk berbisnis iklan PPC(Pay Per Click). Jadi jika kalian lolos seleksi dari google adsense maka kalian akan mendapatkan link dari google. Nah link tersebut adalah sumber penghasilan kalian, jadi pasang link iklan yang diberi oleh google di blog kalian untuk mengiklankan produk-produk dari google. Bisnis ini juga sangat mudah dilakukan karena tidak mengeluarkan uang sedikitpun, jadi cuman modal blog (gratisan), nulis, dan kreatifitas.

Bisnis di atas adalah ide bisnis yang bisa di lakukan mahasiswa yang bingung untuk mendapatkan uang. oleh karena itu semoga tulisan saya bermanfaat dan kalian(pembaca) semua mendapatkan rezeki yang melimpah amiin...
Oke.. sekian dulu dari pembahasan 5 Ide Bisnis Yang Bisa Dilakukan Mahasiswa, nantikan artikel-artikel selanjutnya. Jangan lupa kritik dan saranya..
See you next time.. :)

6 komentar: