Halaman

Senin, 30 Mei 2016

Mengenal Linux dan Manfaat Dari Menggunakan Linux

Linux?

Linux adalah nama yang diberikan oleh mas Linus Torvalds untuk sistem operasinya yang merupakan pengembangan dari sistem operasi Unix. Linus Torvalds memperkenalkan linux pertama kali pada tahun 1991, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari GNU, yang diumumkan pada tahun 1983 oleh mas Richaard Stallman.



Mengapa kok lambang dari linux itu Pinguin??

Logo linux yang diberi nma TUX dimulai pada saat mas Linus sedang berjalan-jalan di taman Perth. Saat sedang berjalan itu lah mas Linus  di patok oleh seekor Pinguin dan dmam selama berhari-hari, "mungkin pinguinnyaa rabies hahaha ". Nah mas Linus berfikir bahwa karakter pinguin ini cocok untuk menjadi logo dari sistem operasi barunya. Maka diadakan sebuah kompetisi untuk mendesain logo Linux yang baru, dan kompetisi itu dimenangkan oleh Larry Ewing yang berhasil menggambarkan seeor pinguin yang sedang duduk.


Pengembangan
Perbedaan utaman antara Linux dan sistem operasi populer lainnya terletak pada kernel linux dan komponen-komponennya yang bebas dan terbuka, yang lebih sering disebut Open Source. Linux dikendalikan oelh pengembang dan komunitas penggunanya. Beberapa vendor mengembangkan dan mendanai distribusi mereka sendiri dengan dasar sukarelawan, debian merupakan salah satu contohnya.




Manfaat menggunakan linux :



Hemat Biaya


Dengan menggunakan linux, anda bisa hemat biaya yang lumyan besar. Linux bersifat Open Source, jadi penggunaanya gratis, selain gratis, linux juga mempersilahkan anda-anda sang developer untuk mengembangkan linux.





Ilmu Tentang Komputer Lebih Dalam


Mengapa? karena jika dalam sistem operasi windows anda sering mangaalami eror dan solusi paling cepatnya adalah install ulang, maka berbeda dengan linux. Linux lebih terbuka, oleh karena itu linux bisa anda "oprek" atau mengedit setiap detail di dalam linux itu. Jadi kalian lebih sering mencari tau bagaimana cara memecahkan Trouble di Linux.




Teman Lebih Luas

Karena saking banyaknya komunitas linux di Indonesia dan di dunia. Anda bisa mendapatkan teman yang berbeda daerah. Dengan bertannya di forum-forum linux, atau cuman personal chat, anda bisa memperluas jaringan pertemanan anda.




Menjadi SysAdmin


Karena keterbiasaan anda mengoprek linux secara tidak langsung anda mangasah skill System Administrator. "Kok bisa?" iya.. karena kebanyakan SysAdmin itu memegang kendali sebuah sistem linux, jadi jika anda sudah mahir menggunakan dan mengoprek secara detail sistem linux, kemungkinan besar anda sudah bisa mencari pekerjaan sebagai Sysadmin.

Oke.. sekian dulu pembahasan dari linux, semoga bermanfaat. Nantikan artikel-artikel lainnya. Jangan lupa like dan komennya ya..
See you next time :)

10 komentar:

  1. manfaat lainnya yaitu,alat alat yang ada di linux cocok buat kegiatang hacking :D

    BalasHapus
  2. Iya sekarang laptop ane juga pake linux masbro.. Keren masbro ulasannya..

    BalasHapus
  3. Setelah baca artikel ini saya jadi tahu mengenai linux dan manfaatnya. Jadi nambah wawasan saya. Makasih gan buat ilmunya.

    BalasHapus
  4. ane pake linux tapi malah gak tau sejarahnya Thx infonya

    BalasHapus